Abstract :
RINGKASAN EKSEKUTIF
IBNU YUDA PRATAMA. NPM: 083017003. Penerapan Strategi Pemasaran Produk
Pendanaan bjb Deposito Pada PT. Bank Jabar Banten, Tbk KCP Cibadak. Dibawah
bimbingan: DEWI TAURUSYANTI dan IMAN SANTOSO.
Deposito adalah produk yang digunakan oleh nasabah untuk menginvestasikan dananya
agar aman keberadaannya dan menghasilkan pendapatan yang tetap. Deposito
diperuntukkan bagi kalangan menengah karena minimal penempatannya yang cukup
besar jika dibandingkan dengan setoran awal tabungan. Untuk dapat bersaing, bank harus
mempunyai dan menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Proses strategi pemasaran ini
merupakan aktivitas yang penting dalam operasional perbankan. Adapun tujuan yang
hendak dicapai dalam penyusunan tugas akhir ini adalah untuk mengidentifikasi
penerapan strategi pemasaran yang digunakan dalam memasarkan bjb Deposito di Bank
bjb KCP Cibadak.
Terdapat tiga metode yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan
yaitu metode survei dengan menggunakan pernyataan lisan atau tertulis, metode observasi
yang dilakukan melalui proses pengamatan secara langsung pada saat pelaksanaan
magang, serta studi kepustakaan yang merupakan kegiatan untuk menghimpun informasi
yang relevan dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian melalui buku?buku, karya ilmiah, tesis, disertasi, ensiklopedia, internet, dan sumber-sumber lain.
Bank bjb menggunakan beberapa strategi pemasaran untuk memasarkan bjb Deposito
yaitu Strategi Segmentation, Targeting, dan Positioning Produk. Dalam strategi ini bjb
Deposito ditujukan untuk nasabah non perorangan dan perorangan untuk kalangan
menengah dan menengah atas yang ingin melakukan investasi dengan mendapatkan
tingkat suku bunga yang tinggi, pendapatan rutin dalam jumlah pasti serta keamanan yang
terjamin. Strategi lain yang digunakan adalah strategi bauran pemasaran (Marketing Mix)
yang meliputi Product, bjb Deposito yang merupakan simpanan berjangka dalam mata
uang Rupiah yang penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja dengan
memberikan tingkat suku bunga menarik. Price, merupakan penetapan harga yang harus
dilakukan oleh bank agar target bank dapat tercapai dengan baik. Promosi merupakan
kegiatan yang termasuk dalam proses pemasaran. Bank bjb memiliki lokasi kantor (place)
yang strategis dan mudah dijangkau karena terletak di pusat kota Cibadak, dekat dengan
pusat perbelanjaan, perkantoran, kantor kecamatan, rumah sakit daerah, dan juga
memiliki akses yang mudah dijangkau oleh sarana transportasi umum.
Dari hasil di atas, strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank bjb sudah sesuai
ketentuan. Kemudian saran yang dapat diberikan yaitu penambahan tenaga kerja dibidang
pemasaran yang disertai dengan pemberian training untuk para marketing,
memperbanyak kegiatan promosi baik melalui media elektronik, media cetak, media
sosial serta kegiatan sponsorship, meningkatkan dan memperbaharui fitur serta fasilitas
yang ada dalam bjb Deposito, Bank bjb harus selalu up to date mencermati produk?produk deposito bank lain, serta Bank bjb harus terus meningkatkan target untuk jumlah
dana yang dihimpun dari produk bjb Deposito.