Institusion
Universitas Pakuan
Author
SAPUTRI, HANIFA NADHIRA
Anwar, Wawan Syahiril
Latifah, Suci Siti
Subject
Datestamp
2022-08-26 13:29:59
Abstract :
ABSTRAK
Hanifa Nadhira Saputri. 037117136. Pengaruh Penerapan Model Problem
Based Learning Terhadap Hasil belajar Subtem Usaha Pelestarian
Lingkungan. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen kuasi desain
dua grup di Sekolah Dasar Negri Babakan Dramaga 04, Kabupaten
Bogor. subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B di
Sekolah Dasar Negri Bababkan Dramaga 04, Kabupaten Bogor yang
terdiri dari 60 peserta didik, penelitian ini dilakukan pada bulan April
semester genap. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh
?Pengaruh Penerapan Model Probelm Based Learning terhadap hasil
belajar Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan. Hal ini terlihat dari nilai
N-gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan
ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar
87%, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-gain sebesar 56.
Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 35%.
Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena
thitung (5,4790) > ttabel (2,00172). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa
penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan
model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Hasil Belajar, Probelm Based Learning, Media Pembelajaran