Institusion
Universitas Pakuan
Author
Koswara, ndah Ligar Diantina
Sukmanasa, Elly
Novita, Lina
Subject
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Datestamp
2022-09-17 07:57:21
Abstract :
ABSTRAK
Indah Ligar Diantina Koswara, 037117137. Analisis Pembelajaran Daring
pada Mata Pelajaran Matematika Materi Hubungan Antar Garis Kelas IV
A. Skripsi program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring
pada mata pelajaran matematika materi hubungan antar garis pada
peserta didik kelas IV A . Subjek penelitian ini adalah enam orang peserta
didik kelas IV A di SD Negeri pengadilan 1 Semester Gasal Tahun Ajaran
2021/2022.Pengumpulan data pada penelitan ini dilaksanakan dengan
cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna
menunjang penelitian. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa
pelaksanaan pembelajaran daring khusunya mata pelajaran matematika
materi hubungan antar garis oleh peserta didik kelas IV A di SDN
Pengadilan 1 mempunyai kelebihan serta kekurangannya. Dalam
pelaksanaanya sudah terlaksana dengan cukup baik, peserta didik
memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan
kesiapan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Saat
pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan
pembelajaran dengan baik yaitu saat pelaksanaanya guru menggunakan
media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang
disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring fleksebilitas dalam
pelaksanaannya dan mampu mendorong guru agar lebih kreatif dalam
mengajar selain itu peserta didik dituntut untuk lebih mandiri dan
termotivasi agar lebih aktif dalam belajar. Namun, pembelajaran daring
memiliki beberapa kendala dalam pelaksanaannya yaitu kondisi jaringan
yang tidak stabil, keterbatasan waktu untuk berinteraksi antara guru dan
peserta didik membuat peserta didik kurang memahami materi
pembelajaran hal ini adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran
daring.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Matematika Hubungan Antargaris