DETAIL DOCUMENT
(KP) GAMBARAN KERJA PENGEMBANG BIG-FIVE PERSONALITY TEST PADA UNIT MARKETING PROMOSI DAN HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Syifa, Alya Muthiah
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-02-11 06:36:02 
Abstract :
Praktikan melaksanakan kegiatan kerja profesi (KP) di unit Marketing, Promosi dan Hubungan Masyarakat (MPH) di Universitas Pembangunan Jaya. Tugas utama praktikan pada kerja profesi ini adalah membuat sebuah alat ukur berdasaran big five personality yang merupakan teori dari Lewis R.Goldberg yang dikembangkan oleh Robert R McCrae dan Paul T.Costa. Teori kepribadian big five memiliki 5 faktor, yaitu Openess, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism sehingga sering kali disebut juga teori OCEAN. Pembuatan alat ukur ini mengharuskan praktikan melakukan beberapa tahapan seperti melakukan studi literatur, wawancara 10 kepala program studi yang ada di Universitas Pembangunan Jaya, expert judgement kepada dosen psikologi yang menguasai bidang teori kepribadian dan melakukan uji coba kepada 5 siswa SMA sebelum alat ukur ini dapat digunakan oleh MPH kepada calon mahasiswa baru nantinya. Alat ukur yang praktikan buat terdiri dari 50 pernyataan yang setiap faktornya terdiri dari 10 pernyataan dengan pilihan jawaban menggunakan format likert. Tujuan dari pembuatan alat ukur ini yaitu membantu mahasiswa dalam merekomendasi program studi yang ada di Universitas Pembangunan Jaya yang cocok dengan kepribadiannya. Alat ukur ini membutuhkan studi lebih lanjut untuk pengujian psikometri. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang