DETAIL DOCUMENT
(KP) PENGARUH STRATEGI BERTAHAN PADA PENJUALAN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Salshabila, Moulida
Subject
HD Industries. Land use. Labor 
Datestamp
2021-02-11 06:36:13 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi bertahan pada penjualan UMKM di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar melalui online (Google Forms) pada UMKM di wilayah Tangerang Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak UMKM di wilayah Tangerang Selatan mengalami penurunan penjualan pada masa pandemi. Kemudian, mereka mengatakan bahwa strategi yang tepat digunakan pada masa pandemi ini ialah strategi bertahan. Strategi bertahan yang digunakan sebagian besar UMKM yakni inovasi, kualitas dan pelayanan produk. Kemudian, strategi bertahan lain seperti perkembangan teknologi, minat pelanggan dan eksistensi produk juga dirasa cukup penting oleh beberapa UMKM lainnya. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang