Abstract :
Praktikan melaksanakan kegiatan kerja profesi di Universitas Pembangunan Jaya
tepatnya pada unit Marketing, Promosi dan Hubungan Masyarakat (MPH) sebagai
pengembang tes (test developer). Tugas praktikan adalah membuat alat ukur yang
dapat digunakan oleh unit MPH dalam berbagai kegiatan mereka. Alat ukur yang
dibuat oleh praktikan dinamakan alat ukur ?Fleming?s Learning Styles? yang
bertujuan untuk mengukur gaya belajar calon mahasiswa baru Universitas
Pembangunan Jaya. Teori acuan yang digunakan untuk menyusun alat ukur ini
adalah teori gaya belajar Neil Fleming yang disebut juga teori VARK. VARK
merupakan akronim dari 4 preferensi gaya belajar yaitu visual, aural/auditory,
read/write dan kinesthetic. Hasil yang diperoleh dari tes ini adalah berupa
preferensi gaya belajar peserta tes, metode pembelajaran yang sesuai, serta
rekomendasi program studi yang sejalan dengan preferensi gaya belajar mereka.
Alat ukur ini terdiri dari 16 soal (64 aitem) dengan 4 pilihan jawaban untuk setiap
aitemnya. Alat ukur ini memiliki 15 kemungkinan hasil yang dapat diperoleh
peserta tes. Teori gaya belajar Fleming menjelaskan bahwa terdapat individu yang
hanya memiliki 1 preferensi gaya belajar (uni-modal/single-preference), dan
terdapat individu yang memiliki lebih dari 1 preferensi gaya belajar (multi-modal).
Multi-modal tediri dari katagori bi-modal preferences atau individu dengan 2
preferensi gaya belajar, tri-modal preferences atau individu dengan 3 preferensi
gaya belajar, serta quad-modal preferences atau individu dengan keempat
preferensi gaya belajar. Alat ukur yang disusun oleh peneliti ini belum melewati uji
psikometri berupa pengujian reliabilitas dan validitas, sehingga sebaiknya
pengujian dilakukan terlebih dahulu sebelum alat ukur dapat digunakan oleh unit
MPH.