Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Instagram sebagai media
komunikasi pemasaran digital oleh Universitas Pembangunan Jaya dalam
menarik minat gabung siswa/siswi SMA di era covid-19. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori dengan sampel yang
diambil dari siwa/siswi SMA kelas XII kota Tangerang Selatan sebanyak 50 orang.
Variabel penelitian ini terdiri atas satu variabel bebas yaitu: social media marketing
(X) dan satu variabel terikat yaitu: minat gabung siswa/siswi SMA (Y).
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner. Hasil
pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan Teknik analisis regresi
sederhana dengan bantuan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
social media marketing berpengaruh secara positif terhadap minat gabung
siswa/siswi SMA dengan kontribusi sebesar 65%, selebihnya sebesar 35% minat
gabung siswa/siswi SMA ditentukan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.