Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menemukan model pembelajaran
yang sesuai untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah
Pengantar Akuntansi, ditinjau dari metode dan media pembelajaran yang
diinginkan mahasiswa. Metode penelitian menggunakan data primer yaitu hasil
wawancara dan kuesioner melalui g-form, serta data sekunder yaitu dokumentasi
dari kajian-kajian literatur dengan teknik analisa kualitiatif. Model pembelajaran
Contextual Learning and Teaching (CTL) merupakan solusi atas masalah, sebab
model CTL mengakomodir diterapkannya keseluruhan metode pembelajaran
yaitu diskusi, restirasi dan tanya jawab, serta media pembelajaran yaitu media
produktif. Pada model CTL mahasiswa ditingkatkan keaktifan untuk
mengeksplorasi materi yang diterima, mengaitkannya dengan masalah nyata,
dan memberi hasil nyata atas pengetahuan yang diterima. Berfokus pada
kemampuan mahasiswa dalam berpikir luas, mendalam, kritis, logis dan kreatif.
Sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dari sisi proses maupun hasil
pembelajaran.