Abstract :
Perjalanan UMKM di Indonesia memiliki catatan bagus saat menghadapi krisis
ekonomi dan keuangan tahun 1998 dan 2008, dan saat ini masa pandemi Covid19 telah menyebabkan krisis multidimensi di Indonesia dan berbagai negara di
dunia. Sejak awal diumumkan adanya Covid-19, UMKM telah menjadi salah satu
sektor yang terpuruk dan terdampak hingga munculnya pemberlakuan PSBB dan
juga new normal. Banyak dari pelaku usaha UMKM mengalami kerentanan, gulung
tikar, dan hanya mampu bertahan dalam kurun waktu tertentu, sehingga dampak
negatif selama masa pandemi Covid-19 senantiasa mengiringi perjalan UMKM.
Selain itu berbagai dampak negatif selama masa pandemi Covid-19 telah
mendapatkan perhatian berbagai pihak untuk dapat mencegah dan menangani
permasalahan yang dihadapi UMKM selama masa pandemi Covid-19. Penelitian
ini akan mendeskripsikan kondisi UMKM serta pengaruh Covid-19 terhadap
perekonomian UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif, dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
penelitian pustakan (library research). Dari hasil penelitian dan analisis yang telah
dilakukan diketahui bahwa masa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak
negatif terhadap kerentanan UMKM. Selain itu pandemi Covid-19 juga telah
memberikan pengaruh terhadap penurunan perekonomian UMKM, serta
mempengaruhi perubahan kondisi pelaku usaha UMKM untuk melakukan
perdagangan dengan e-commerce dan pemasaran digital untuk dapat bertahan
dan berkembang menghadapi perubahan.