Abstract :
Industri kreatif khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kota Jakarta
pada masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan dari penjualannya, hal ini
UMKM perlu melakukan secara detail dalam menggunakan pendanaan kas untuk
menjaga kestabilan penjualan dengan bantuan pemasaran afiliasi dengan
menggunakan e-commerce serta mendukung gerakan pemerintah PSBB
(Pembatasan Sosial Berskala Besar), sehingga hal ini akan mendapatkan dampak
positif dalam meningkatkan Kinerja Keuangan UMKM. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Deskriptif Kualitatif dengan cara wawancara dan mengumpulkan datadata dari UMKM di kota Jakarta, pengambilan data penelitian di masa keadaan
ekonomi kota Jakarta sedang melemah dan umumnya dunia karena adanya
pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran afiliasi ini
sangat membantu dan berdampak positif pada UMKM di kota Jakarta dalam
mengatur pendanaan kas dan meningkatkan kinerja keuangan yang bisa menjaga
kestabilan UMKM di kota Jakarta.