Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
I, Putu Gagah Surya Nara Murti
Subject
TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Datestamp
2020-10-05 01:21:57
Abstract :
Studi perbandingan biaya operasional kendaraan (BOK) metode Departemen
Pekerjaan Umun tahun 2005 dan metode Pacific Consultant international (PCI)
dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya operasional kendaraan yang di
keluarkan per kilometer, serta faktor apa saja yang mempengaruhi nilai biaya
operasional kendaraan. Lokasi studi kasus yang digunakan adalah pada jalan tol
Jakarta-Merak dengan titik awal gerbang tol Alam Sutera sampai dengan gerbang
keluar tol Sedyatmo, dengan menggunakan sampel kendaraan uji Toyota Sienta.
Metode penelitian yang digunakan adalah observasi langung ke lokasi. Setelah
data-data yang dibutuhkan telah didapat kemudian data akan diolah dan dianalisis.
Berdasarkan hasil analisis kedua metode, kecepatan adalah faktor utama yang
mempengaruhi nilai biaya operasional. Untuk metode Departemen Pekerjaan
Umum 2005 mempunyai nilai biaya terendah pada kecepatan 50 km/jam sebesar
Rp. 1.591,-/km dan biaya tertinggi berada pada kecepatan 15 km/jam sebesar Rp.
2.051,-/km. Metode Pacific Consultant international (PCI) yang menggunakan
running speed/kecepatan gerak sebagai variabel kecepatannya mempunyai nilai
biaya operasional kendaraan sebesar Rp. 1.696/km pada kecepatan gerak rata-rata
32,30 km/jam.
Kata Kunci: Biaya Operasional Kendaraan, Kecepatan, Jarak Tempuh