Abstract :
Dalam melaksanakan kerja profesi di PT NET Mediatama Televisi, praktikan bekerja di divisi
digital sebagai digital copywriter. Dalam melangsungkan kerja profesi di NET Televisi,
praktikan melakukan tugas membuat content writing untuk menarik atensi serta mengajak
penonton agar tertarik untuk menyaksikan program acara NET Televisi, dimana praktikan
harus memanfaatkan beberapa metode seperti benchmarking, formula AIDCA, dan
psychological triggers agar penonton tertarik untuk menonton tayangan NET Televisi. Hasil
content writing yang dibuat praktikan akan ditampilkan di platform layanan streaming NET
Televisi yaitu Netverse. Dalam aktivitas public relations, digital copywriting dapat menjadi cara
untuk merancang pesan persuasif dalam hal ini informasi mengenai Netverse. NET Televisi
menciptakan platform Netverse,karena di era industri 4.0 saat ini terdapat peralihan dari media
konvensional ke media digital. Maka platform Netverse hadir agar penonton dapat mengakses
program acara NET Televisi dimana saja dan kapan saja melalui gawai. Dalam pelaksanaan
kerja profesi, praktikan membuat content writing seperti membuat judul, sinopsis, menentukan
actor, bintang tamu dan sebagainya. Berikut beberapa content writing yang dibuat praktikan
yaitu program Kesempurnaan Cinta, Cinta dan Rahasia, Mimpi Metropolitan, OK-JEK, The
East. Sepanjang menempuh kerja profesi, praktikan dapat menyimpulkan bahwa seorang
digital copywriter dituntut buat bisa menghasilkan ide yang kreatif, mempunyai pengetahuan
yang luas dan harus sering membaca untuk menciptakan gaya bahasa yang baru buat
dipergunakan di dalam sebuah content writing.