Abstract :
Arsitektur dan bisnis sudah menjadi sebuah kesatuan dimana dalam
membangun sebuah bangunan semua harus dianalisis dengan teliti demi
meningkatkan nilai bangunan dan tercapainya target market dari bisnis itu
sendiri. Kafe di Cikarang memiliki cara tersendiri dalam menarik perhatian
pasaran dan juga target pasarnya itu sendiri. Tentunya Dalam mendesain
kafe pun perancang harus memperhatikan konsep dan desain kafe tersebut
dan keterkaitan desain dengan konsumen agar pengunjung tetap tertarik,
tidak merasa bosan. Oleh karena itu menganalisis segmentasi pasar dan
penentuan target pasar sangatlah penting agar kafe tersebut dapat menarik
perhatian target pasarnya, memenuhi kebutuhan, keinginan, dan selera
mereka. Seperti Surabi Kasmara di Cikarang yang terlihat mencolok dan
ramai dengan pengunjung dengan bermacam-macam konsumen dimana
konsumen terlihat senang dan nyaman menghabiskan waktunya di Surabi
Kasmara. Tujuan dari penelitian ini pun untuk mengetahui bagaimana
pengaruh target market terhadap terciptanya desain Surabi Kasmara,
mengetahui cara Surabi Kasmara menyelaraskan target pasart atau
konsumenya dengan desain kafe. Metode penelitian yang penulis gunakan
adalah metode deskriptif kualitatif dan dibantu dengan landasan teori yang
berhubungan dengan penelitian yaitu Segmentasi Pasar oleh Jerry W, Life
Cycle oleh Erik Erikson.