Abstract :
Kegiatan bisnis di Indonesia saat ini sedang mengalami beberapa permasalahan
terkait adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah bisnis
olahraga. Salah satu bisnis studio olahraga yang terdapat di Indonesia khususnya
daerah Jakarta Selatan adalah SANA Studio. Sangat penting bagi SANA Studio
untuk melakukan perencanaan komunikasi yang tepat agar jasa yang mereka jual
tetap bisa bertahan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Perencanaan
komunikasi sendiri diartikan sebagai proses pengalokasian sumber daya
komunikasi untuk mencapai tujuan organisasi. Sumber daya tersebut tidak saja
mencakup media massa dan komunikasi antarpribadi, tapi juga setiap aktivitas
yang dirancang untuk mengubah perilaku dan menciptakan keterampilanketerampilan tertentu diantara individu dan kelompok dalam lingkup tugas-tugas
yang dibebankan boleh organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa SANA
Studio telah menerapkan beberapa perencanaan komunikasi pemasaran dalam
merespon adanya penyebaran pandemi Covid-19. Adapun beberapa program
yang dijalankan antara lain adalah pelaksanaan kelas olahraga secara daring yang
dapat diakses melalui aplikasi Zoom, pelaskanaan program yang berkolaborasi
dengan brand olahraga, serta pelaksanaan program inti seperti 8 weeks challenge
dan Womens 10K. Selain itu, terdapat media yang digunakan dalam proses
pemasaran yang dilakukan yaitu menggunakan media sosial Instagram. Alasan
penggunaan media sosial Instagram tersebut adalah karena saat ini Instagram
merupakan media sosial yang sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk
memasarkan produknya dengan ketersediaan fitur yang cukup lengkap sehingga
memudahkan para pelaku bisnis dalam membuat konten pemasaran yang ingin
dibuat