Abstract :
Percepatan perubahan cara hidup serba digital akibat pandemi Covid-19
membawa pengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran jarak jauh
mengharuskan terjadinya Computer Mediated Communication. Penelitian ini
bertujuan untuk menyajikan tentang penerapan CMC dalam melakukan
pembelajaran online di KB Pembangunan Jaya Bintaro. Teori yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teori Social Co-presence dan konsep CMC yang
bertujuan untuk melihat kehadiran sosial guru melalui CMC. Penelitian ini
menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan deskriptif kualitatif,
yang menggunakan data analisis dari hasil wawancara dan dokumentasi terhadap
objek. Saat pembelajaran daring guru akan lebih mengikuti alur dibanding saat
pembelajaran tatap muka. Terjadi atribusi oleh komunikan karena persepsi yang
dihasilkan tidak selengkap ketika pembelajaran tatap muka. Media yang
digunakan oleh KB Pembangunan Jaya adalah media sinkron yaitu dengan
aplikasi Zoom dan video call whatsapp. Feedback yang didapat ternyata tidak bisa
sesuai dengan keinginan komunikator, karena sebagai komunikan akan memilih
sesuatu hal yang menarik saja. Dari hasil penelitian penerapan CMC dalam
pembelajaran daring dilakukan secara maksimal dan efektif, karena KB
Pembangunan Jaya konsisten untuk melakukan pertemuan kelas setiap hari
dengan aplikasi Zoom.