DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN CMC DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP ANAK USIA DINI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Yanti, Farhana Rizkita
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-01-25 03:53:47 
Abstract :
Percepatan perubahan cara hidup serba digital akibat pandemi Covid-19 membawa pengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran jarak jauh mengharuskan terjadinya Computer Mediated Communication. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan tentang penerapan CMC dalam melakukan pembelajaran online di KB Pembangunan Jaya Bintaro. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Social Co-presence dan konsep CMC yang bertujuan untuk melihat kehadiran sosial guru melalui CMC. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggunakan data analisis dari hasil wawancara dan dokumentasi terhadap objek. Saat pembelajaran daring guru akan lebih mengikuti alur dibanding saat pembelajaran tatap muka. Terjadi atribusi oleh komunikan karena persepsi yang dihasilkan tidak selengkap ketika pembelajaran tatap muka. Media yang digunakan oleh KB Pembangunan Jaya adalah media sinkron yaitu dengan aplikasi Zoom dan video call whatsapp. Feedback yang didapat ternyata tidak bisa sesuai dengan keinginan komunikator, karena sebagai komunikan akan memilih sesuatu hal yang menarik saja. Dari hasil penelitian penerapan CMC dalam pembelajaran daring dilakukan secara maksimal dan efektif, karena KB Pembangunan Jaya konsisten untuk melakukan pertemuan kelas setiap hari dengan aplikasi Zoom. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang