Abstract :
Kasus yang melibatkan Rizieq Shihab selama ini medapatkan perhatian khusus
dari masyarakat, hal ini tak terlepas dari kontroversi yang dilakukan oleh Rizieq
Shihab. Hal ini tentu saja mengundang banyak respon dari masyarakat luas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media Kompas.com dan
Republika.co.id membingkai suatu berita terkait Rizieq Shihab. Pendekatan
penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Peneliti
menggunakan teori analisis framing yang dikemukakan oleh Zhondang Pan dan
Gerald M.Kosicki. Hal ini terlihat dari bagaimana peneliti menganalisis
pembingkaian berita melalui analisis framing dengan motode Zhondang Pan dan
Gerald M.Kosicki untuk melihat cara media Kompas.com dan Republika.co.id
dalam mengemas kasus tersebut. Peneliti melihat bahwa ada sebuah perbedaan
antara media Kompas.com dan Republika.co.id dalam membingkai kasus Rizieq
Shihab. Perbedaan ini dapat dilihat dari Judul, Narasumber, serta Foto yang
ditampilkan oleh Media Kompas.com dan Republika.co.id. Kompas.com dalam
pemberitaannya mengenai Rizieq Shihab terbilang netral Sementara itu
Republika.co.id lebih menonjolkan hal postif mengenai Rizieq Shihab.