Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Resepsi Orang Tua Murid Sekolah
Dasar terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh di Kota Tangerang Selatan.
Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh ini dibuat untuk menghindari Pandemi Covid?19, maka dibuatlah Kebijakan untuk melakukan sekolah dan bekerja secara online.
Pesan dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh ini dibuat karena PJJ memang
harus dilakukan untuk mencegah Covid-19. Karena adanya pandemi ini maka
semua menggunakan Media Komunikasi Komputer untuk melakukan kegiatan
sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis
resepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketiga informan menghasilkan
posisi pembaca yaitu Negotiated reading, artinya informan memaknai pesan yang
disampaikan di dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh kepada orang tua
murid sekolah dasar namun dengan kondisi sosial mereka serta penerimaan
tersebut bersifat fleksibel, opposional reading, artinya penerimaan informan tidak
setuju. Dalam Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh ini maka orang tua memiliki
Pola Asuh untuk mengajarkan masing-masing anaknya. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah semua murid Sekolah Dasar di Daerah Kota Tangerang
Selatan mengikuti peraturan yang di anjurkan oleh Pemerintah daerah untuk
menghindari peningkatan Covid-19 maka dibuatlah Kebijakan Pembelajaran Jarak
Jauh yaitu semua siswa melakukan pembelajaran melalui daring atau online.
Saran dari peneliti adalah sebaiknya orang tua tetap mengikuti aturan Pemerintah
agar anak tetap mengikuti Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh agar tidak semakin
meningkat penularan Covid-19 ini.