Abstract :
Penelitian ini berfokus kepada pemaknaan khalayak terhadap isi pesan pada iklan
Sasa ?Welcome Back Micin Swag Generation?. Bagaimana khalayak memaknai
isi pesan yang ada pada iklan Sasa ?Welcome Back Micin Swag Generation?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemaknaan dalam diri khalayak
terhadap isi pesan Sasa dalam iklan ?Welcome Back Micin Swag Generation?.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis resepsi Stuart Hall
yaitu peneliti berfokus pada makna dan pengalaman audiens dalam melihat
tayangan iklan Sasa. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah
paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan
melakukan wawancara mendalam dengan 3 informan. Wawancara yang
dilakukan oleh peneliti harus menghasilkan jawaban yang konsisten dan nyata
dengan acuan pedoman wawancara yang telah dibuat oleh peneliti. Ketiga
informan merupakan generasi Z. Data yang didapatkan kemudian dianalisis
dengan menggunakan teknik pengujian data kepastian (confrimbility), dari hasil
penelitian terdapat posisi pemaknaan yaitu negosiasi. Dalam posisi negosiasi
ketiga informan berada di posisi negosiasi karena informan menolak pesan ?kami
generasi micin? untuk generasi milenial dengan alasan tertentu. Dapat
disimpulkan bahwa iklan Sasa ?Welcome Back Micin Swag Generation?,
memberikan sebuah pesan dan merubah persepsi kepada masyarakat khususnya
mengenai sebutan generasi micin. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat
meneliti iklan Sasa tidak hanya berfokus pada pemaknaan pesan, bisa juga dari
sisi gambar atau adegan dalam iklan. Saran praktis untuk para praktisi dapat
melakukan proses pemaknaan kepada pesan secara mendalam dan tidak berfokus
pada satu sumber informasi saja.