DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI TIKET PESAWAT GARUDA INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Setiawan, Rehan Budi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-01-25 06:39:45 
Abstract :
Di masa pandemi Covid-19 perilaku konsumen mengalami perubahan. Perilaku konsumen yang berubah yaitu salah satunya minat beli pada sektor bisnis transportasi dan pariwisata. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia bekerja sama dengan celebrity endorser Raffi Ahmad dan Nagita Slavina untuk mempromosikan keamanan dan kenyamanan menggunakan Garuda Indonesia di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui besaran pengaruh antara kredibilitas celebrity endorser Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan minat beli tiket pesawat Garuda Indonesia di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini pada variabel X menggunakan konsep untuk mengevaluasi kredibilitas celebrity endorser yang dicetuskan oleh Ohanian (2013), di dalamnya terdapat faktor keahlian, daya tarik, dan dapat dipercaya. Sedangkan untuk variabel Y menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) dengan memiliki tiga faktor untuk mengukur kemungkinan niat individu untuk berperilaku yaitu, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kredibilitas celebrity endorser memiliki pengaruh terhadap minat beli tiket pesawat Garuda Indonesia di masa pandemi Covid-19 tergolong cukup sebesar 0,464. Kesimpulannya, kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan yang tergolong cukup terhadap minat beli tiket pesawat Garuda Indonesia di masa pandemi Covid-19, dengan pengaruh yang diberikan sebesar 21.5% 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang