DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TERPAAN KONTEN YOUTUBE TIRTA PENGPENGPENG TERHADAP MINAT BELI SEPATU COMPASS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Putra, Ryan Harna Dwi
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-01-25 06:40:45 
Abstract :
Munculnya pembuat konten di YouTube dengan konten mengulas sebuah produk. Konten ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai ulasan produk. Salah satu pembuat konten di YouTube yang membahas sepatu lokal adalah Tirta PengPengPeng. Pada konten YouTubenya Tirta PengPengPeng mengunggah mengenai sepatu-sepatu lokal, dan banyak orang yang ingin meminta serta merekomendasikan sepatu lokal yang kepada dirinya untuk diulas. Salah satu video yang diulas adalah sepatu Compass. Adanya video tersebut dapat memberikan informasi mengenai sepatu Compass. Dengan video ulasan tersebut adanya sebuah terpaan dari konten YouTube Tirta PengPengPeng dan munculnya minat beli sepatu Compass. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terpaan konten YouTube Tirta PengPengPeng terhadap minat beli sepatu Compass. Pada penelitian ini menggunakan teori dan konsep Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, YouTube, Perilaku Konsumen, Minat Beli, Terpaan Media, dan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan kepada 400 responden yang merupakan penonton tayangan Tirta PengPengPeng pada saat mengulas sepatu Compass sampai video berakhir. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Terpaan Media (X) memiliki pengaruh terhadap variabel Minat beli (Y) sebesar 0,726 yang tergolong kuat. Hasil kesimpulan pada penelitian ini adalah terpaan media dapat mempengaruhi minat beli. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang