Abstract :
Dalam melaksanakan Kerja Profesi (KP) di Scarf Media, praktikan bekerja dalam
divisi Marketing Promotion Event, praktikan mendapatkan pengalaman untuk
merealisasikan ilmu tentang public relations yang praktikan dapatkan selama
kuliah. Praktikan memiliki tugas memperluas data base perusahaan yang sudah
ada. Praktikan melakukan tugas public relations yakni membangun, menjalin dan
mempertahankan hubungan baik dengan pihak eksternal atau stakeholder
perusahaan. Dalam divisi Marketing Promotion Event, praktikan bertugas
membangun dan menjalin hubungan dengan pihak ketiga seperti media, tenant,
dan narasumber. Praktikan menjadi penghubung antara pihak internal dan
eksternal perusahaan, dalam menjalankan tugas tersebut praktikan terlibat dan
menghadiri konferensi pers acara Muslimah Creative Stream Fest (MCSF) yang
diselenggarakan Scarf Media, praktikan melaksanakan tugas sebagai media
relations, tenant relations, dan memperluas data base perusahaan. Praktikan
membangun hubungan dengan media di luar data base perusahaan, atau media
yang belum pernah melakukan kerja sama dengan perusahaan, praktikan
melakukan penawaran kerja sama media partner kepada media untuk acara
MCSF.
Praktikan juga bertugas menjadi tenant relations, semua informasi untuk tenant
dan formulir formulir, diberikan melalui divisi praktikan, dan praktikan
bertanggung jawab atas beberapa tenant. Jika ada kendala maka praktikan akan
menghubungi tenant, begitupula jika tenant merasa informasi yang didapatkan
kurang jelas, tenant akan menghubungi praktikan secara personal maka dari itu
praktikan harus memahami dan menguasai informasi yang berkaitan dengan
event yang diselenggarakan oleh Scarf Media sehingga praktikan mampu
menyampaikan informasi dengan baik. Tugas tambahan praktikan yakni
membuat ide konten bersama tim, ide konten didiskusikan secara bersama
kemudian diajukan kepada atasan.