DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PEMAKNAAN PESAN PADA VIDEO GLOBAL CAMPAIGN #ENDVIOLENCE KOLABORASI UNICEF DAN BTS (Analisis Resepsi Pada Khalayak Remaja Korban Bullying)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Nonafianti, -
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-01-26 06:29:26 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan penonton terhadap kasus bullying dan bagaimana pentingnya mencintai diri sendiri dalam video global campaign #ENDViolence yang merupakan hasil kolaborasi dari UNICEF dan BTS. Video global campaign ini dibuat bertepatan dengan hari persahabatan dunia, serta adanya video ini bertujuan untuk menyuarakan stop tindakan kekerasan, dan penyampaian makna pentingnya mencintai diri sendiri melalui backsound lagu baru mereka dengan judul ?Answer : Love Myself. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode Penelitian menggunakan analisis resepsi. Berdasarkan hasil wawancara dengan keempat informan menghasilkan posisi pembacaan yaitu keempat informan berada dalam posisi dominant-hegemonic reading. Keempat informan benar memahami makna pesan yang terkandung di dalam video global campaign dengan baik dan sesuai dengan prefered reading yang ingin disampaikan dari video tersebut. Hal ini diduga kuat dipengaruhi oleh latar belakang keempatnya yang perna mengalami tindakan bullying. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang