Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Theofilus, Lystra Elizabeth
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2022-01-26 07:02:45
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk dapat mengetahui motif dan penggunaan fitur stiker
whatsapp pada generasi baby boomers. Penelitian ini menggunakan teori Uses
and Gratification untuk menjelaskan motif penggunaan fitur stiker pada Whatsapp
yang di mana teori ini menjelaskan konsep motif penggunaan media menjadi
empat, yaitu motif informasi, motif interaksi sosial, motif identitas diri dan juga motif
hiburan. Penelitian ini juga didukung oleh teori Computer-Mediated
Communication yang menjelaskan penggunaan fitur stiker sebagai bentuk
komunikasi-nonverbal pada media digital. Generasi baby boomers yang
merupakan kelompok digital immigrants merupakan kelompok pengguna media
digital yang lahir pada saat teknologi digital belum ditemukan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan cara
wawancara. Penelitian ini menggunakan tiga informan sebagai narasumber yang
dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria generasi baby
boomers yang aktif dalam menggunakan fitur stiker pada Whatsapp. Hasil dari
penelitian ini adalah yang menjadi motif yang mendasari penggunaan fitur stiker
pada generasi baby boomers yaitu untuk membuat interaksi menjadi lebih
ekspresif dan juga menarik. Selain itu salah satu motif yang melatarbelakangi
penggunaan fitur stiker oleh generasi baby boomers adalah untuk menunjukkan
kemampuan mereka sebagai kelompok digital immigrants yang ternyata mampu
mengikuti perkembangan teknologi.