DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN ADAPTASI MAHASISWA PADA TAHUN PERTAMA PROGRAM BLENDED LEARNING UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Pratama, Dimas Dear
Subject
QP Physiology 
Datestamp
2022-02-07 07:00:19 
Abstract :
Saat ini metode pembelajaran mulai memadukan metode belajar secara tatap muka dan secara online yang disebut dengan program blended learning. Program blended learning bisa diikuti oleh pekerja yang mayoritas ingin melanjutkan kuliahnya ke strata yang lebih tinggi. Adaptasi harus dimiliki oleh mahasiswa program blended learning agar dapat menyelesaikan tantangan pada tahun pertama berkuliah seperti beradaptasi dengan sistem akademik maupun lingkungan sosial. Agar dapat memenuhi tantangan dalam adaptasi dibutuhkan kemampuan yang dapat membantu mahasiswa beradaptasi yaitu regulasi diri. Apabila mahasiswa tidak mempunyai kemampuan adaptasi dan regulasi diri yang baik maka akan timbul masalah seperti rendahnya indeks prestasi semester hingga drop out. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan adaptasi mahasiswa pada tahun pertama program blended learning universitas Pembangunan Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi spearman untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri & adaptasi. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan alat ukur short self regulation questionnaire dan student adaptation college questionnaire pada mahasiswa program blended learning UPJ. Hasil penelitian menunjukan r =0,668 = 1 ; p <,001 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dengan adaptasi mahasiswa pada tahun pertama program blended learning universitas Pembangunan Jaya. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang