DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Gamifikasi Terhadap Kesetiaan Pelanggan Melalui Pengalaman Pelanggan dan Keterlibatan Pelanggan pada Aplikasi Gojek
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Karrisa, Nova Arlyana
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-07-04 02:13:55 
Abstract :
Persaingan bisnis tentu tidak dapat dihindari, namun dapat disiasati dengan strategi. Meskipun Gojek berada di peringkat kedua setelah Grab dan memiliki pesaing perusahaan startup baru di bidang yang sama, Gojek mampu bertahan dan bersaing karena Gojek memiliki strategi untuk memperoleh kesetiaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji lebih dalam mengenai pengaruh variabel-variabel terkait, yaitu: gamifikasi sebagai variabel independen, kesetiaan pelanggan sebagai variabel dependen, pengalaman pelanggan dan keterlibatan pelanggan sebagai variabel intervening. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, menggunakan 280 sampel dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dan diolah dengan SEM-PLS melalui software SmartPLS. Hasilnya gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan, gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap pengalaman pelanggan, gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Selain itu, gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan melalui pengalaman pelanggan. Serta, gamifikasi berpengaruh signifikan terhadap kesetiaan pelanggan melalui keterlibatan pelanggan. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang