DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Food and Beverage di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada UMKM Kopi Tembem)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Basri, Saiful Hasan
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2022-07-08 03:31:30 
Abstract :
Pada tanggal 8 April 2021 merupakan hari berdirinya Kopi Tembem Jakarta Selatan yang secara bersamaan Indonesia sedang mengalami pandemi Covid-19. Kopi Tembem berhasil mempertahankan bisnisnya di masa pandemi Covid-19 hingga saat ini berkat strategi komunikasi pemasarannya yang unik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawncara mendalam dengan metode studi kasus. Menurut hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran IMC UMKM Kopi Tembem menggunakan lima dari enam konsep model pemasaran campuran yaitu advertising, event and experience, PR and publicity, personal selling, dan interactive marketing. Proses integrasi konten telah dilakukan dengan baik oleh Kopi Tembem ke seluruh konsep pemasaran di berbagai media yang digunakan. Platform pemasaran yang paling diandalkan selama pandemi Covid-19 untuk melakukan pemasaran adalah sosial media Instagram dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti Instagram Collaboration, Instagram Story, Reels, Feeds, dan Highlight. Kopi Tembem pernah menggunakan Instagram Ads namun tidak terlalu berdampak bagi pemasaran. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Jaya Tangerang