Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi
efektifitas iklan sensual terhadap niat pembelian farfum axe di wilayah kecamatan
Muntilan Magelang. Efektifitas iklan itu terdiri dari perhatian, pemahaman, sikap
terhadap iklan dan sikap terhadap merek. Penelitian ini menggunakan metode survai.
Populasi nya adalah pemerhati iklan Axe di wilayah kecamatan muntilan, Magelang.
Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pemerhati iklan axe di wilayah kecamatan
muntilan, Magelang yang berjumlah 100. Skala pengukuran variabel menggunaka skala
likert karena skala ini mudah dipakai untuk penelitian yang terfokus pada responden
dan obyeknya. Penelitian ini menggunakan sejumlah statement dengan skala 5 yang
menunjukan setuju atau tidak setuju terhadap statement tersebut. Alat analisis yang
digunakan yaitu regresi berganda dan Independent sample T-test. Hasil penelitian
menunjukan bahwa perhatian berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian.
Pemahaman berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian. Sikap terhadap iklan
berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian. Sikap terhadap merek berpengaruh
signifikan terhadap niat pembelian.
Perhatian, pemahaman, sikap terhadap iklan, dan sikap terhadap merek mempunyai
pengaruh bersama-sama dan signifikan terhadap niat pembelian. Ada perbedan yang
signifikan variabel perhatian berdasarkan gender (pria-wanita) terhadap iklan Axe versi
Falling Angel dan tidak ada perbedaan yang signifikan variabel pemahaman, sikap
terhadap iklan dan sikap terhadap merek berdasarkan gender (pria dan wanita) terhadap
iklan Axe versi Falling Angel.
Kata kunci: Perhatian, pemahaman, sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, niat
pembelian