Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
ANNISA NURMALITASARI, DEANNY
Subject
HF Commerce
Datestamp
2016-12-15 02:00:15
Abstract :
Penelitian ini menanggapi kasus bahwa pemakai fasilitas trading board yang
disediakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian
(Disperindagkoptan) kota Yogyakarta belum mencapai tingkat pemakai maksimal
dikarenakan niat pengguna yang minim. Penelitian ini menerapkan model penelitian
sebelumnya yang dimodifikasi untuk dapat menjawab kasus yang terjadi. Penelitian
sebelumnya memusatkan perhatian masih pada kalangan akademisi yang familiar
dengan internet. Obyek penelitian sangat mengerti konsep menjaga privasi di dunia
maya, keamanan dalam menggunakan internet, kepercayaan dalam bertansaksi jual
beli online, dan kemudahan yang didapat dalam memulai usaha melalui media web.
Diduga variabel-variabel ini juga akan mempengaruhi pengusaha Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM).
Penelitian ini melibatkan 100 pengusaha UMKM kota Yogyakarta yang
terdaftar secara resmi dari berbagai bidang usaha. Hasil analisis regresi
menunjukkan bahwa privasi, keamanan, kepercayaan dan kemudahan mempengaruhi
niat pemakai secara simultan. Sedangkan, secara independen hanya keamanan dan
kemudahan saja yang mempengaruhi niat pemakai.
Kata Kunci: privasi, keamanan, kepercayaan, kemudahan, niat, transaksi online,
e-commerce.