Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap
perbandingan atribut produk minuman susu Ultra Milk dengan Frisian Flag. Jenis
penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 96 responden
yang terdiri dari konsumen Susu Ultra Milk dan Frisian Flag di Mirota Kampus
Babarsari. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analaisis Cochran Q test dan teknik analisis Perceived Attribute.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan
persepsi konsumen dan analisis cochran q test, atribut yang dipertimbangkan
dalam memilih minuman susu kemasan adalah varian rasa, ukuran kemasan, rasa
di lidah, kualitas, kandungan gizi, dan waktu kadaluarsa. (2) Berdasarkan persepsi
konsumen, tingkat kepentingan atribut minuman susu kemasan adalah rasa di
lidah, kualitas, waktu kadaluarsa, kandungan gizi, varian rasa, dan ukuran
kemasan. (3) Berdasarkan hasil PA (Perceived Attribute) Susu Ultra Milk
memiliki nilai tertinggi secara relatif yaitu 1.05 dan posisi kadua adalah Susu
Frisian Flag dengan nilai relatif 0.96, relatif kinerja Susu Ultra Milk lebih besar
9% dari Susu Frisian Flag.
Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Atribut Produk