Abstract :
Abstrak
Peneltian ini dilakukan pada PT. Pos Indonesia Cabang Wates, Kulon Progo,
Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Sutijab No. 63. Pengambilan data dilakukan pada
bulan Mei 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh servant
leadership terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos Indonesia Cabang Wates,
Kulon Progo, Yogyakarta. (2) Etos kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pos
Indonesia Cabang Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. (3) Servant leadership
terhadap kinerja karyawan dimediasi oleh disiplin kerja pada PT. Pos Indonesia
Cabang Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. (4) Etos kerja terhadap kinerja
karyawan dimediasi oleh disiplin kerja pada PT. Pos Indonesia Cabang Wates,
Kulon Progo, Yogyakarta.
Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Pos Indonesia
Cabang Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode sensus. Teknik analisis data adalah analisis regresi
sederhana dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa : (1) Servant Leadership berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) Etos kerja berpengaruh
positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) Servant Leadership
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh
disiplin kerja. (4) Etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
karyawan yang dimediasi oleh disiplin kerja.
Kata kunci : Servant Leadership, Etos Kerja, Kinerja Karyawan dan Disiplin
kerja.