DETAIL DOCUMENT
KAMPANYE DIPLOMASI PUBLIK THAILAND STUDI KASUS: GASTRODIPLOMACY “KITCHEN OF THE WORLD”
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
GASSANI, ROES KAIRANA REMI
Subject
JQ Political institutions Asia 
Datestamp
2016-12-23 03:03:26 
Abstract :
ABSTRAK Makanan telah berperan sebagai salah satu instrumen diplomasi sejak jaman dahulu karena dapat mewakilkan dan mengkomunikasikan ide-ide dan nilai suatu Negara kepada publik asing. Kehebohan gastrodiplomacy, dewasa ini dipelopori oleh Thailand yang menggunakan keunggulan produk kuliner dan makanannya untuk dikomunikasikan pada masayarakat di Negara lain. Kampanye bertajuk ?Kitchen of the World? ini bertujuan sebagai nation branding untuk menyampaikan nilai-nilai dan budaya Thailand pada dunia agar mendapat persepsi yang positif serta menaikan nilai jual Thailand. Namun, di sisi lain Thailand juga menmiliki citra yang buruk akibat maraknya industri seks yang terjadi di Thailand. Maka dari itu, kampanye ini digunakan salah satunya untuk mengubah persepsi negatif terkait sex tourism yang didapat oleh Thailand, selain itu kampanye ?Kitchen of the World? juga bertujuan untuk menarik wisawatan dan investor asing ke Thailand. Keywords : Gastrodiplomacy, Thailand, Nation Branding, Sex Tourism, ?Kitchen of the World? 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta