DETAIL DOCUMENT
ANALISIS VARIABEL PRODUK YANG BERPENGARUH TERHADAP KONSUMEN ( Studi Kasus pada Sepeda Motor Mio Sporty dan Scoopy)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
SETIAWAN, YANIE
Subject
HD Industries. Land use. Labor 
Datestamp
2023-01-06 08:11:15 
Abstract :
Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sekarang ini sangat ketat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan transportasi sebagai sarana penunjang, sepeda motor telah menjadi pilihan utama sebagai sarana transportasi karena harganya lebih murah, lebih lincah, lebih irit bahan bakar dan mudah penggunaanya dibandingkan sarana transportasi lain seperti mobil. Para perusahaan otomotif di Indonesia saling bersaing dalam hal keunggulan hingga jenis motor yang diproduksi. Scoopy adalah produk dari PT. Astra Honda Motor (AHM) yang resmi diluncurkan pada awal tahun 2010. Sedangkan, Mio Sporty adalah skuter matic yang menjadi produk unggulan bagi PT. Yamaha Indonesia Motor yang merupakan produk kompetitor dari AHM. Dalam persaingan yang ketat ini perusahaan perlu mengetahui secara rinci hal ? hal yang menimbulkan daya tarik untuk membeli produk yang dibuatnya. Pemahaman tentang atribut atau variabel dalam memilih dan membeli suatu produk sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan keberadaan merknya dalam bersaing dipasar, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi karateristik variabel produk sepeda motor Honda Scoopy dan Yamaha Mio Sporty seperti yang diinginkan oleh konsumen di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan analisis cluster dan crosstab. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 49 konsumen untuk masing ? masing pengguna Mio Sporty dan Scoopy. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk masing ? masing konsumen Mio Sporty dan Scoopy dapat dikelompokkan ke dalam empat segmen pasar. Pada konsumen Mio Sporty, variabel yang diprioritaskan di segmen 1, 2, 3, dan 4, berturut ? turut adalah sistem starter bagus, banyak pilihan warna yang menarik, desain motor yang menarik, dan kapasitas tangki bahan bakar yang besar. Sedangkan, pada konsumen Scoopy adalah desain motor yang menarik dan sistem keamanan standar samping untuk segmen 1, segmen 2 pada sistem keamanan standar samping dan posisi berkendara yang nyaman, segmen 3 pada sistem keamanan standar samping dan pada segmen 4 adalah irit bahan bakar dan V belt mesin tahan lama. Kata Kunci : Mio Sporty, Scoopy, Analisis Clustering 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta