Abstract :
Penelitian dengan judul ?Analisis Strategi Membangun Loyalitas
Konsumen Melalui Differensiasi Produk Handphone Nokia?, bertujuan untuk
menganalisis strategi membangun loyalitas konsumen melalui differensiasi
produk dan menganalisis strategi differensiasi seperti apa yang paling
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian survei, sampel adalah para
mahasiswa (konsumen) yang menggunakan handphone Nokia di Fakultas
Ekonomi UPN ?Veteran? Yogyakarta .Jumlah sampel yang digunakan berjumlah
115 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda
dengan bantuan software SPSS 15.00 for windows. Variabel independen yaitu
keistimewaan, kualitas kinerja, dan gaya serta variabel dependennya adalah
loyalitas konsumen.
Pengujian instrument dengan mengunakan uji validitas (Chi-square) uji
reliabilitas (Cronbach Alpha) dan uji hipotesis dengan melihat R2, uji T dan uji F
Dari hasil analisis regresi berganda menunjukan adanya pengaruh yang
positif dan signifikan dari variabel keistimewaan, kualitas kinerja, dan gaya
secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen pengguna handphone Nokia di
FE UPN ?Veteran? Yogyakarta. Variabel Keistimewaan memiliki pengaruh yang
dominan terhadap Loyalitas Konsumen, tidak terbukti. Hal ini didukung oleh
hasil perhitungan analisis yang diperoleh bahwa differensiasi produk dengan
Kualitas kinerja merupakan variabel yang paling dominan, dengan nilai beta yang
lebih besar dari variabel keistimewaan dan gaya.
Saran yang diusulkan berdasarkan hasil penelitian adalah tetap
mempertahankan variabel keistimewaan dan kualitas kinerja yang dalam
penelitian ini merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang positif terhadap
loyalitas konsumen dengan cara selalu melakukan inovasi dalam kemampuan
browsing internet,kapasitas memori yang disediakan, serta kemudahan dalam
pengoperasikannya. Kepada manajemen agar memperhatikan variabel gaya yang
berdasarkan penelitian ini tidak terlalu berpengaruh terhadap loyalitas konsumen,
untuk kedepannya.
Kata kunci: Differensiasi Produk, Loyalitas Konsumen