Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
DENGI, MARIANUS TRIASENDI
Subject
HD28 Management. Industrial Management
Datestamp
2017-01-19 03:57:42
Abstract :
ABSTRAK
Dewasa ini telah terjadi perkembangan yang sangat pesat di semua aspek,
baik teknologi maupun ilmu pengetahuan. Perkembangan pesat ini mendorong
terjadinya persaingan hampir disemua aspek kehidupan, tak terkecuali dengan
lembaga pendidikan. Tiap lembaga pendidikan berlomba-lomba menjadi yang
terdepan di bidangnya, sehingga mereka akan meningkatkan kualitasnya menjadi
lebih baik untuk memenangkan persaingan.
Cristal Kids merupakan lembaga pendidikan yang bergerak di bidang jasa
pendidikan anak usia dini yang ada di wilayah Yogyakarta. Lembaga
Pendidikan Anak Usia Dini (LPAUD) Cristal Kids telah berdiri selama 2 tahun,
sejak tahun 2010. Cristal Kids sebagai playgroup yang tergolong baru
memerlukan sarana dan prasarana memadai dan sumber daya manusia yang
berkualitas untuk dapat bersaing dalam menarik pelanggan serta menempatkan
diri menjadi yang terbaik diantara industri jasa sejenis.
Evaluasi kualitas pelayanan perlu dilakukan untuk mengetahui atribut
pelayanan yang sudah baik dan yang belum baik, sehingga dapat menentukan
prioritas perbaikan atribut pelayanan dengan optimal. Integrasi metode servqual,
kano dan Quality Function Deployment (QFD) merupakan metode yang dapat
menentukan prioritas perbaikan atribut pelayanan agar keluaran dari penelitian
ini mampu mengoptimalkan perbaikan kualitas pelayanan Playgroup Cristal Kids
yang akhirnya dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Berdasarkan penelitian
yang telah dilakukan pada Playgroup Cristal Kids prioritas karakteristik
pelayanan berurutan dari tingkat tertinggi hingga terendah pada Playgroup
Cristal Kids adalah pembuatan program kegiatan sekolah, sikap dan perilaku
karyawan, keahlian karyawan, pengetahuan karyawan, keamanan terhadap
konsumen, kondisi sarana dan prasarana, alat penyampaian informasi dan
layanan komunikasi serta komplain, kelengkapan sarana dan prasarana,
keamanan sarana dan prasarana lingkungan sekolah, bentuk hadiah kepada
karyawan teladan, dan urutan yang paling akhir adalah bentuk hukuman pada
karyawan yang melanggar aturan.
Kata kunci : Kualitas Layanan; Metode Servqual; Kano; QFD
ABSTRACT
In recent years there has been a very rapid development in all aspects,
both technology and science. The rapid development encourages the competition
almost in all aspects of life, was no exception with the educational institution.
Each educational institution vying to be the forefront in the field, so that they will
improve the quality is getting better to win the competition.
Cristal Kids is the institution moves in the field of early childhood
education services in Yogyakarta. Institution of Early Childhood Education
(IECE) Cristal Kids has been up for 2 years, since 2010. Cristal Kids playgroup
as a new playgroup needs adequate infrastructure and facilities and qualified
human resources to be able compete in attracting customers and put their self to
be the best among similar services industry.
Evaluation quality of service needed to be done to find out the attributes
service of good and was not good, so it can determine priority repair service with
optimal attributes. Integration method of servqual, kano and Quality Function
Deployment (QFD) is a method that can determine priority to optimize service
quality improvement of Cristal Kids Playgroup and finally can increase consumer
satisfaction. Based on the research that has been conducted on Cristal Kids
Playgroup, the priority characteristics order from the highest level to the lowest
at Playgroup Cristal Kids is making school activity programs, attitudes and
behavior of employees, employee skills, knowledge of employees, consumers
safety, the conditions of infrastructure, the delivery of information,
communication and complaint service, completeness of infrastructure, security of
infrastructure, a gifts to exemplary employees, and a punishment on employees
who violate the rules.
Key words: Quality of service, Servqual, Kano, QFD