Abstract :
Perkembangan dan peningkatan jasa pelayanan tempat futsal dari tahun ketahun semakin
menjadi perhatian masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari ketatnya persaingan kualitas
pelayanan dan promosi diantara sekian banyak tempat futsal khususnya yang ada di daerah
Yogyakarta.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh variabel citra terhadap kualitas pelayanan
pada GAOL Futsal di sleman Yogyakarta.Untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada GAOL Futsal di sleman Yogyakarta.Untuk
mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada GAOL
Futsal di sleman Yogyakarta.Untuk mengetahui pengaruh variabel kepuasan pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan pada GAOL Futsal di sleman Yogyakarta.
Bagi GAOL Futsal Yogyakarta dapat digunakan sebagai acuan untuk menetapkan strategi
dan kebijaksanaan dalam memberikan layanan dan meningkatkan kepuasan tamu sebagai
pelanggan Gaol futsal.Bagi peneliti lainya dapat dijadikan sebagai bahan pembanding dan
pengembangan lebih lanjut bagi kegiatan penelitian sejenis.
Ditemukan bahwa citra secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kulitas layanan GAOL Futsal Sleman Yogyakarta, dengan koefisien path sebesar 0,504
(positif). Ini berarti bahwa bila citra meningkat maka dapat diramalkan kulitas layanan akan
meningkat pula dan sebaliknya menurunnya citra akan menurunkan kulitas
layanan.Ditemukan bahwa kualitas pelayanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan GAOL Futsal Sleman Yogyakarta, dengan koefisien path sebesar 0,624
(positif). Ini berarti bahwa bila kualitas pelayanan meningkat maka dapat diramalkan kepuasan
pelanggan akan meningkat pula dan sebaliknya menurunnya kualitas pelayanan akan menurunkan
kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: CITRA, KUALITAS,KEPUASAN,DAN LOYALITAS