Abstract :
Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan
perusahaan dalam rangka mendapatkan tambahan dana untuk pengembangan
usahanya dengan mengeluarkan saham perdana. Saham-saham yang tercatat di
pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return.
Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika
masuk pasar sekunder. Underpricing adalah harga saham perdana lebih rendah
dari harga saham setelah diperdagangkan di pasar sekunder.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variable-variabel
yang mempengaruhi terjadinya underpricing pada perusahaan yang listing di
Bursa Efek Indonesia untuk periode 2007-2009. Faktor-faktor tersebut adalah
Financial Leverage, Return On Investment (ROE), Earning Per Share (EPS) dan
Ukuran Perusahaan. Setelah dilakukan seleksi terdapat 26 perusahaan yang
memenuhi kriteria sampel yang telah ditetapkan dalam penelitian ini.
Penelitian ini mengunakan regresi berganda. Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable Financial Leverage, Return
On Investment (ROE), Earning Per Share (EPS) dan Ukuran Perusahaan terhadap
tingkat underpricing. Hasil analisis regresi secara bersama-sama menunjukan
bahwa Financial Leverage, Return On Investment (ROE), Earning Per Share
(EPS) dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap
underpricing. Sedangkan secara parsial diperoleh hasil variabel Earning Per
Share (EPS) saja yang berpengaruh secara signifikan tehadap underpricing.
Kata kunci : Underpricing, Financial Leverage, Return On Investment (ROE),
Earning Per Share (EPS) dan Ukuran Perusahaan.