Abstract :
Guna memenangkan persaingan dalam penjualan produk motor matic, PT. Astra Honda Motor
(AHM) mencoba melakukan promosi melalui iklan dengan ?menarik? public figur terkenal Agnes
Monica. Agnes adalah artis Ibu Kota yang sudah dikenal di mana-mana, sehingga dalam pandangan
produsen, produk yang diiklankan bisa sukses di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana sikap pemirsa terhadap penggunaan celebrity endorser pada iklan honda
vario ditelevisi pada mahasiswa Ilmu Admisitrasi Bisnis Fisip UPN Veteran Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan metode survey. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap pemirsa terhadap
penggunaan celebrity endorser. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisip UPN Veteran
Yogyakarta sebanyak 405 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari populasi sehingga
sampelpenelitian adalah 405 x 20% = 81 orang. Sampel yang akan diambil menggunakan teknik
simple ramdom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang
digunakan untuk mengkaji sikap konsumen terhadap terhadap iklan menggunakan teori Fishbein
Attitude model. Berdasarkan hasil penelitian dan Analisis Fishbein yang telah diuraikan sebelumnya
maka dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa Ilmu Admisitrasi Bisnis Fisip UPN Veteran
Yogyakarta terhadap celebrity endorser adalah positif. Saran yang dapat diberikan adalah berdasar
pada penelitian ini dengan Analisis Fisbhein sebaiknya perusahan dalam pembuatan iklan melalui
media televisi memperhatikan atribut-atribut celebrity endorser yang dapat mempengaruhi sikap
masyarakat. Atribut-atribut celebrity endorser tersebut yaitu daya tarik (attractiveness),
kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), kualitas dihargai (respect) dan kesamaan
dengan audience yang dituju (audience). Berdasarkan penelitian ini, untuk perusahaan sebaiknya
mempertahankan atribut celebrity endorser yaitu daya tarik (attractiveness) dan memperbaiki
kepercayaan (trustworthiness).