Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel
trust in a brand yang meliputi brand characteristic, company characteristic, dan
consumer-brand characteristic terhadap brand loyalty pada merek telepon selular
(handphone) merek Nexian, yang respondennya diambil dari para pelanggan telepon
selular (handphone) merek Nexian yang ada di Sleman. Pengujian hipotesis ini
menggunakan analisis regresi berganda, dengan Uji F, Uji t, dan Uji Beta. Hasil
penelitian ini adalah bahwa brand characteristic, company characteristic, dan consumerbrand characteristic secara serentak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand
loyalty sedangkan bila di lihat dari uji t yang memiliki pengaruh signifikan terhadap
brand loyalty adalah brand characteristic dan consumer-brand characteristic. Dan
variabel yang dominan terhadap brand loyalty adalah consumer-brand characteristic.
Dalam upaya meningkatkan brand loyalty, pihak perusahaan harus senantiasa
meningkatkan dan mempertahankan trust in a brand terhadap perusahaan. Consumerbrand characteristic sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap
dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.
Kata Kunci : trust in a brand, brand loyalty