Abstract :
Keputusan pembelian merupakan suatu hal yang hampir setiap hari dilakukan oleh
seorang individu. Pengambilan keputusan pembelian konsumen tersebut tentunya
dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain adalah economic/utilitarian benefits,
hedonic/ psychosocial benefits dan cost
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk
store brand dan national brand. Lebih detail lagi penelitian dilakukan dengan
tujuan untuk:
1. Menguji pengaruh economic/utilitarian benefits, hedonic/ psychosocial
benefits dan cost terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk
store brand.
2. Menguji pengaruh economic/utilitarian benefits, hedonic/ psychosocial
benefits dan cost terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk
national brand.
Economic/utilitarian benefits berhubungan dengan kemampuan suatu
produk dalam memberikan harga yang murah, kualitas yang baik, dan kemudahan
bagi konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian.Hedonic/psychosocial benefits berkaitan dengan kemampuan suatu produk
dalam memberikan kesenangan bagi pembeli, sebagai bentuk pengekspresian diri
dari pembeli, sebagai bentuk pengalaman pembelian pada suatu produk baru, serta
perhatian terhadap pandangan orang lain tentang pengambilan keputusan
pembelian produk yang bersangkutan.
Cost atau biaya berkaitan dengan biaya atau sumber daya yang dibutuhkan
untuk perencanaan dan pencarian suatu produk.
Keputusan merupakan suatu proses yang dimulai dari proses pengenalan
kebutuhan, pencarian informasi, pemilihan alternatif, dan diakhiri dengan
keputusan pembelian
Merek didefinisikan sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau rancangan
atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan
barang atau jasa penjual atau sekelompok penjual dan untuk
mendeferensiasikannya dari barang atau jasa pesaing.
Penelitian ini dilakukan pada 100 orang konsumen yang membeli prodsuk air
minum dalam kemasan merek Cleo (store brand Indomaret) air minum dalam
kemasan merek Aqua, Aquaria, dan Nestle (national brand) di Yogyakarta.