DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAPENAS II PRINGWULUNG CONDONGCATUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
Hamzah, Hennyartah
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2017-02-17 03:58:42 
Abstract :
ABSTRAK SLB Yapenas adalah sebuah lembaga pendidikan yang menangani anak-anak berkebutuhan khusus ( ABK ). ABK memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima pelajaran, salah satunya anak tunagrahita ringan, mereka cenderung sulit menerima pelajaran dalam hal membaca dan menghitung. Media pembelajaran berperan penting membantu para siswa dalam pelajaran membaca. Media adalah alat komunikasi untuk menyampaikan informasi, hiburan, dan pendidikan kepada khalayak luas, baik melalui media elektronik maupun cetak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap tingkat pengetahuan membaca anak tunagrahita SLB Yapenas II Pringwulung Condongcatur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen terhadap 30 siswa tunagrahita SLB Yapenas II. Data dianalisis menggunakan sistem scoring dengan lima skala likert terhadap masing-masing variabel penelitian, mentabulasi data, menghitung korelasi, menganalisis regresi linier, dan melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresinya positif (0,610) berarti ada pengaruh positif signifikan penggunaan media buku cerita terhadap tingkat pengetahuan anak tunagrahita SLB Yapenas II namun pengaruhnya nyata (p value = 0,824 > 0,05) dan memiliki hasil hubungan yang sifatnya satu arah dimana adanya penggunaan media buku cerita akan mempengaruhi tingkat pengetahuan anak tunagrahita. Kata Kunci: Media, tingkat pengetahuan, anak tunagrahita SLB 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta