DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF KOTA MAKASSAR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
Shabrina Putri, Laksmi
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2017-03-22 03:52:17 
Abstract :
Perkembangan dunia pariwisata di kota makasar mengalami peningkatan sangat pesat. Hal ini bisa dilihat dari angka pengunjug domestic dan non domestic yang selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Objek wisata yang dimiliki oleh kota makasar sangat beragam dan memiliki nilai jual yang tinggi. Dari masalah inilah kemudian peneliti tertarik untuk meneliti bagaimanakah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh dinas pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Makassar dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu diantaranya faktor sumber daya manusia, kemajuan teknologi dan keuangan. Faktor penghambat diantaranya yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang belum memadai. Penelitian ini juga menemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dibagi kedalam dua strategi, yang pertama adalah dengan menginfokan melalui iklan dan promosi, sedangkan strategi komunikasi pemasaran yang kedua adalah meningkatkan kunjungan melalui humas dan discount. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta