Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
Inacio C.P.De Araujo, Raimundo
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2017-03-23 06:18:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
yang meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara
simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen Boutique Jambuwuluk
Malioboro Hotel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen
Boutique Jambuwuwluk Malioboro Hotel. Jumlah sampel penelitian sebanyak
100 responnden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan dengan
suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kritera
responden. Kriteria responden dalam penelitian ini adalah konsumen Boutique
Jambuwuwluk Malioboro Hotel Yogyakarta yang minimal sudah berusia 20
tahun. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrumen
penelitian berupa kuesioner (angket penelitian). Analisis data penelitian meliputi
analisis deskriptif dan analisa dengan teknik regresi berganda.
Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 0,249 +
0,206X
1
+ 0,180X
2
+ 0,215X
3
+ 0,179X
4
+ 0,201X
, dan diperoleh besarnya
pengaruh kelima variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati sebesar 52,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1)Bukti fisik,
kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Boutique Jambuwuluk Malioboro
Hotel Yogyakarta; dan 2)Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan
empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada
Boutique Jambuwuluk Malioboro Hotel Yogyakarta.
5
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Bukti fisik, Kehandalan, Daya Tanggap,
Jaminan, Empati, kepuasan konsumen, Boutique Jambuwuluk
Malioboro Hotel