DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN KOMUNIKASI PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN INDOJAYA MOTOR SUZUKI DI KABUPATEN SLEMAN, YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
ANJANY, NENA AYU PUTRI
Subject
HF Commerce 
Datestamp
2017-04-13 07:45:50 
Abstract :
ABSTRAK Komunikasi pelayanan merupakan pelayanan terbaik yang diberikan kepada setiap konsumen agar merasa puas dengan hasil kinerja yang konsumen dapatkan dari perusahaan tersebut. Indojaya motor Suzuki telah menerapkan komunikasi pelayanan yang dimiliki kepada setiap konsumen yang datang untuk melakukan servis motor. Salah satu cara yang dilakukan dalam melayani konsumen yaitu melakukan komunikasi yang baik antara karyawan dengan konsumen. Melalui komunikasi maka karyawan akan mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, dan hal tersebut merupakan salah satu penerapan komunikasi pelayanan yang diterapkan oleh Indojaya Motor Suzuki yaitu mendengarkan konsumen dan berkomunikasi yang baik dengan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan komunikasi pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Indojaya Motor Suzuki di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus Organism-Response), teori pertukaran sosial, dan teori kepuasan konsumen. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dan tipe penelitiannya adalah penelitian survey. Populasinya adalah konsumen Indojaya Motor Suzuki yang sedang melakukan servis pada saat itu, dan digunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 45 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,763 dan signifikansi 0,000. Berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel penerapan komunikasi pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen Indojaya Motor Suzuki. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana didapatkan nilai sebesar 58,2%, yang artinya bahwa tingkat kepuasan konsumen Indojaya Motor Suzuki dapat dijelaskan melalui penerapan komunikasi pelayanan dan sisanya 41,8% dijelaskan oleh faktor lain diluar dari yang diteliti. Faktor lain tersebut seperti tempat servis yang strategis sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan servis di bengkel tersebut. Selain itu, cerita dari teman atau kerabat juga dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk datang ke bengkel tersebut. Kata Kunci : Komunikasi Pelayanan, Kepuasan Konsumen ABTRACT 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta