DETAIL DOCUMENT
Penelitian Perbandingan Sikap Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan (Green Product) dan Produk Tidak Ramah Lingkungan (Non Green Product) (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013).
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
Harjoko, Devica Kurniasari
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2024-05-30 03:47:38 
Abstract :
ABSTRAKSI Devica Kurniasari Harjoko Program Studi Administrasi Bisnis, Fisip UPN ? Veteran ? Yogyakarta D evica. devica@gmail.com Devica Kurniasari Harjoko, Nomor P okok Mahasiswa 152110095, Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional ?Veteran? Yogyakarta. Judul Penelitian Perbandingan Sikap Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan ( Green Product ) dan Produk Tidak Ramah Lingkungan ( Non Green Prod uct ) (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN ?Veteran? Yogyakarta angkatan 2011 - 2013). Dosen Pembimbing Utama : Sauptika Kencana , M.Si dan Dosen Pembimbing Pembantu : Didik Indarwanta, M.AB Latar Belakang penelitian ini munculnya isu keamana n dan kesehatan lingkungan, adanya gerakan go green , gaya hidup back to nature dan adanya edukasi kesehatan lingkungan yang memunculkan produk hijau, dimana di Indonesia baik pemerintah maupun swasta turut mendukung gerakan go green untuk membentuk sikap positit f terhadap go green . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan ( green product ) dan produk tidak ramah lingkungan ( non green product). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perban dingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan ( green product ) dan produk tidak ramah lingkungan ( non green product ). Jenis penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun populasinya mahasiswa Admini strasi Bisnis UPN ?Veteran? Yogyakarta , untuk sampelnya angkatan 2011 - 2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik accidental sampling . Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis sikap Fishbein yang digunakan untuk mengetahui perbandingan sikap konsumen terhadap produk ramah lingkungan ( green product ) dan produk tidak ramah lingkungan ( non green product ). Berdasarkan hasil analisis dapat terlihat bahwa konsumen memberikan sikap netral terhadap atribut desain dan memb eri sikap positif terhadap atribut - kualitas, ciri, dan jaminan dari Green Product . S ikap konsumen negatif terhadap atribut ciri, desain dan jaminan Non Green Product dan netral terhadap atribut kualitas. Sikap Konsumen terhadap Green Product adalah positif atau setuju yaitu sebesar 68, sedangkan sikap konsumen terhadap Non Green Product negatif atau tidak setuju, yaitu sebesar 36. Saran yang diberikan kepada green product harus mampu mempertahankan atau bahkan meningkatkan sikap positif ini. Sedang untuk at ribut desain yang masih mendapat sikap netral, maka desain pada Green Product harus diperbaiki agar sikap kosumen berubah menjadi positif. Sedangkan pada non green product semua atribut harus diperbaiki agar sikap konsumen tidak negatif. Kata kunci : Sikap konsumen, atribut produk 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta