Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
Marantika Bamanty, Merlyn
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2017-06-05 07:24:05
Abstract :
Kabul Art Gallery adalah perusahaan yang menawarkan lukisan batik di
Yogyakarta. Mayoritas pembelinya berasal dari mancanegara termasuk Jerman.
Wisawatan mancanegara yang ingin kembali ke negaranya akan lebih tertarik
memilih batik dalam bentuk lukisan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
model kompetensi komunikasi bisnis lintasbudaya antara penjual Indonesia dan
pembeli Jerman di Kabul Art Gallery Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara,
dokumentasi, studi pustaka dan observasi. Penelitian ini didasari dengan teori
model kompetensi komunikasi antarbudaya oleh Spitzberg, yaitu motivasi,
pengetahuan, dan keahlian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, dalam proses
komunikasi bisnis yang berlangsung secara dua arah antara penjual Indonesia dan
pembeli Jerman tidak akan lepas dari tiga hal yaitu motivasi, pengetahuan dan
keahlian dari penjual maupun pembeli. Ketika tiga hal itu terpenuhi maka proses
komunikasi akan berhasil dan memberikan dampak baik yaitu dengan adanya
transaksi jual beli.
Kata kunci : Model kompetensi komunikasi, Komunikasi bisnis lintasbudaya,
Komunikasi Indonesia Jerman