DETAIL DOCUMENT
ANALISIS RESEPSI KONSUMEN PADA IKLAN (Studi Resepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta terhadap Iklan Edisi Mahe Addict Lucky Surprize dalam Instagram Makaroni Ngehe @ngehe_id Periode 2016)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
ADITAMA, FAKHRI REZA
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2017-06-16 06:13:49 
Abstract :
ABSTRAK Iklan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian karena dapat mempengaruhi sisi psikologis seseorang. Sebelum ketahap tindakan, pemahaman seseorang tentang pesan iklan tersebut pasti akan berbeda-beda sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya yang dimiliki oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi audiens atas pesan teks yang ditawarkan pada iklan serta menjelaskan posisi pemaknaannya serta mengetahui peran iklan tersebut dalam perspektif perilaku konsumen dalam mempengaruhi proses pengembilan keputusan pembelian Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu Teori Encoding-Decoding yang dimana teori melihat posisi pemaknaan kedalam tiga bagian, yaitu posisi dominan, posisi negosiasi dan posisi berlawanan. Penelitian ini menghasilkan dua iklan dimaknai dengan ketiga posisi pemaknaan. Iklan pertama terdapat 6 orang pada posisi dominan dan 4 orang pada posisi negosiasi. Iklan kedua terdapat 2 orang pada posisi dominan, 7 orang pada posisi negosiasi dan 1 orang pada posisi berlawanan. Iklan bukan satu-satunya alat komunikasi pemasaran yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan karena adanya pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki tiap individu dapat mempengaruhinya. Peran iklan hanya sebatas merangsang terjadinya keputusan pembelian. Kata Kunci: Analisis Resespsi, Iklan, Makroni Ngehe, Perilaku Konsumen 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta