Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
i Mandasari, Imaya Jayant
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2017-06-19 03:06:25
Abstract :
ABSTRAK
Tayangan acara televsi tidak lagi mengedepankan fungsinya
sebagai sarana informasi, pendidikan dan hiburan namun hanya
mementingkan rating dengan menghadirkan tayangan acara yang
menampilkan adegan ? adegan kekerasan baik secara verbal ataupun non
verbal. Anak-anak merupakan audiens yang rentan terkena pengaruh
media, karena anak-anak belum dapat menyaring pesan tayangan acara
yang baik dan yang buruk. Penelitian ini menaruh perhatian pada literasi
media ibu rumah tangga dalam mendidik anak usia dini pada saat
menonton televisi, baik pola dalam mendidik, peran ibu rumah tangga,
serta pandangan para ibu rumah tangga pada media. Metode dalam
penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam
penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa
kata-kata dan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
literasi ibu rumah tangga menjadi pengalaman baru untuk memperbaiki
cara pandang ibu terhadap media, dan menjadi salah satu cara mendidik
anak dengan melakukan pedampingan anak menonton televisi. Media
literasi dapat dilakukan semua anggota keluarga dalam mendidik anak
menonton televisi. Kesimpulan yang dihasilkan yaitu, media literasi ibu
rumah tangga sebagai pedampingan anak menonton televisi. Pentingnya
sosialisasi KPID DIY kepada masyrakat terutama orang tua dalam
melakukan pendampingan anak menonton televisi. Sehingga masyarakat
dapat cerdas mengelola media dalam mendidik anak usia dini.
Kata Kunci: Literasi Media, Pandangan orang tua, Pola cara mendidik
anak, Pedampingan orang tua, sosialisasi KPID DIY,
Peran Ibu rumah tangga.