Abstract :
ABSTRAK
Corporate Social Responsibility (CSR) pertama kali digagas oleh Dewan
Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan atau disebut World Business
Council for Sustainable Development (WBCSD) didirikan pada tahun 1995
forum ini didirikan dengan tujuan yang jelas yaitu pembangunan berkelanjutan.
Komitmen bisnis mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan didasari tiga
prinsip dasar yang dikenal dengan istilah triple bottom lines, yaitu : 1) Profit.
Berorientasi untuk mencari keuntungan ekonomi, 2) People. Kepedulian terhadap
kesejahteraan manusia. 3) Plannet. Peduli terhadap lingkungan hidup dan
keberlanjutan keragaman hayati. Hal tersebut dapat direalisasikan dengan
kerjasama kepada para Investor, perwakilan perusahaan, komunitas, instansi
nonlaba, serta masyarakat umum guna melancarkan hal yang dibutuhkan dan
bermanfaat untuk masyarakat sekitar ring ataupun diluar ring sehingga
meningkatnya taraf hidup masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social
Responsibility, profitabilitas, leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan
manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015. Laporan
tahunannya berisi tentang aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan dan dapat
diakses melalui website BEI, yaitu sejumlah 54 perusahaan.Setelah data di analisis
uji t diketahui bahwa: 1) Corporate Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. 2) leverage
berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan
Kata kunci : Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas dan
Leverage Terhadap Nilai Perusahaan