Abstract :
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar,
minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini
menggunakan data primer yang memuat pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang
diukur dengan menggunakan skala likert. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan akuntansi,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN ?Veteran? Yogyakarta Tahun 2013 dan 2014 sejumlah 594
orang. Sampel penelitian sejumlah 30 mahasiswa. Sample diambil dengan menggunakan metode
random. Metode statistik untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh
terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan perilaku belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri
tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UPN ?Veteran? Yogyakarta.
Kata kunci: Kecerdasan emosional, Perilaku belajar, Minat Belajar, dan Kepercayaan Diri,
Tingkat pemahaman akuntansi