DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE TERHADAP TOURIST SATISFACTION, AFFECTIVE COMMITMENT DAN STORYTELLING BEHAVIOR (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Candi Borobudur)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
Author
PUTRI, ANINDA MAHARANI
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2021-08-05 08:33:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Memorable Tourism Experience terhadap Tourist Satisfaction, Affective Commitment, dan Storytelling Behavior (Studi Pada Wisatawan yang telah Berkunjung di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Candi Borobudur. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya merupakan seluruh wisatawan di Destinasi Wisata Candi Borobudur yang telah berkunjung minimal untuk kedua kalinya. Ukuran sampel dengan 130 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobalility sampling. Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment, Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior, Affective Commitment berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior melalui Affective Commitment, Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior melalui Tourist Satisfaction, Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior melalui Affective Commitment. Berdasarkan hasil penelitian, Candi Borobudur harus mampu mempertahankan dan meningkatkan Pengalaman wisata masa lalu yang berkesan yang diterima oleh wisatawan, sehingga wisatawan akan memiliki Kepuasan dan Komitmen Afektif sehingga memberikan dampak yang signifikan pada Perilaku Mendongeng terhadap destinasi wisata tersebut. Kata Kunci: Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction, Affective Commitment, Storytelling Behavior 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta